E - Marketing
Internet Marketing atau e-marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan marketing suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www.
Kata e dalam e-marketing ini berarti elektronik (electronic) yang
artinya kegiatan marketing yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik
lewat Internet atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet
dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan
e-xxx, seperti halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll.
Banyak orang beranggapan bahwa marketing Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di
Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa
ratusan bahkan ribuan program mencari uang di Internet adalah kegiatan
yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya
menguntungkan untuk orang-orang tertentu saja.
Kegiatan
marketing Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang
berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau
pembeli dan penulisan kalimat-kalimat marketing atau copywriting.
Marketing internet atau e-marketing ini secara umum meliputi kegiatan
pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner,
promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (mesin pencari), surat elektronik atau
e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising),
marketing afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif
(interactive advertising), dll.
Strategi e-marketing
Berikut adalah beberapa strategi marketing yang biasa di gunakan dalam melakukan e-marketing :
• Banner Advertisement (iklan melalui banner)
Adalah file grafis (dengan beberapa ukuran yang di beri satuan pixels) yang dipasangkan pada website penyedia
iklan. Iklan banner digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman
website anda dan tentu saja harus disajikan semenarik mungkin untuk
memancing calon pembeli yang akan membeli produk anda.
• Sponsorship
Anda bisa melakukan kegiatan tersebut untuk memancing calon pembeli, sama dengan tujuan poin di atas.
• Classified Listings (daftar produk terklasifikasi)
Seperti
halnya pada klasifikasi di surat kabar, klasifikasi online ini
merupakan cara yang sangat baik untuk memasang bisnis anda di depan
orang-orang yang siap untuk membeli produk anda. Kekuatan dari
klasifikasi online daripada klasifikasi offline ialah, user dapat
mencari produk dengan cepat melalui form pencarian yang sudah terindeks
dalam basis data. Tidak hanya itu, ada juga fitur pelelangan online,
seperti dihttp://www.ebay.com.
• Email Marketing (pemasaran melalui email)
Pada
email marketing dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu: Cara pertama,
dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter
orang lain. Contoh, ketika anda menerima sebuah newsletter dari
perusahaan online A, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini
adalah caran yang sangat dahsyat untuk mentarget calon pembeli anda.
Cara
kedua adalah, dengan secara langsung mendistribusikan email anda kepada
calon customer, yaitu berupa email penawaran biasa maupun dalam bentuk
newsletter. Sampaikan informasi tentang produk yang ditawarkan tanpa
kesan paksaan, sehingga calon konsumen dapat melakukan keputusan yang
terbaik terhadap produk anda. Tapi ingat, anda tidak boleh melakukan
spam. Cara ketiga, yaitu dengan menyediakan fasilitas email subsriber
pada situs anda. Jika pengunjung situs melakukan pendaftaran email
subsriber melalui situs anda, maka setiap kali anda melakukan update
atau posting artikel maupun produk di website tersebut, maka pendaftar
tersebut akan mendapat email notifikasi dan isi dari apa yang anda
update. Anda dapat menggunakan RSS feed burner.
• Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi)
Para
pengiklan yang menjual produknya secara online dapat membangun jaringan
afiliasi, yaitu melibatkan orang lain dalam penjualan produk. Contoh
website yang menerapkan sistem afiliasi ini adalahhttp://www.amazon.com.
• Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari)
Hampir
semua pengguna internet mencari informasi melalui search engine seperti
Google dan Yahoo. Kebanyakan orang yang tidak tahu di mana harus
mencari dan mendapatkan informasi mereka mencarinya di situs mesin
pencari tersebut. Oleh karena itu, jika perusahaan anda belum dikenali
publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling dahsyat yang
anda lakukan adalah mendapatkan situs anda terdaftar dan terlampir di
mesin-mesin pencari tersebut.
Sangat
penting bagi anda untuk memastikan bahwa situs anda terdaftar dan
terlampir dalam mesin pencari terkenal seperti yang tersebut di atas.
Banyak cara yang dapat dilakukan agar website anda terindeks pada mesin
pencari tersebut yang dikenal dengan Search Engine Optimization.
Contontohnya adalah jika anda mengetikkan kata “Pengusaha Online”
pada google maka blog ini (pengusahaonline.net) akan menempati urutan
pertama. Atau paling tidak berapada pada halaman pertama.
• Social Networking (metode pemasarang menggunakan situs jejaring sosial)
Beberapa
situs social networking seperti Facebook, Friendster, Twitter, MySpace,
Linkedln, dan MeetUp dapat anda gunakan sebagai senjata eMarketing
anda. Beberapa situs social network yang mengijinkan menyertakan audio
atau video klip antara lain: www.YouTube.com,www.Vsocial.com, www.MySpace.com, www.Grouper.com.
Kekurangan E-marketing
2. Biaya yang tidak murah.
3. Kurva pembelajaran lama, lebih banyak mengandalkan pengalaman pribadi untuk meraih kesuksesan bisnis online.
4. Awal-awal tahun akan makan banyak waktu daripada kerja biasa dan mengorbankan banyak waktu bersama keluarga.
Kelebihan E-marketing
1. bisnis online bisa dijalankan dari mana saja, yang penting ada komputer atau laptop yang terhubung ke internet.
2. Modal yang dibutuhkan relatif lebih sedikit.
3. Bisnis bisa berjalan otomatis dengan bantuan software tertentu.
4. Tidak butuh jumlah karyawan yang banyak.
5. Tersedia banyak pilihan bisnis yang ada.
Berikut ini adalah beberapa contoh web yang menerapkan e-marketing :
Ar artikel ini di ambil dari beberapa sumber, berikut sumber-sumbernya :
1. SUMBER
SUSUMBER
SUSUMBER
SUSUMBER
3 komentar:
trimkasi sudah memebantu,,
mohon izin untuk menjadikan artikel ini sebagai refrensi Makala say.. salam kenal
trimkasi sudah memebantu,,
mohon izin untuk menjadikan artikel ini sebagai refrensi Makala say.. salam kenal
mantap gan....Digital marketing adalah bentuk periklanan yang paling cepat berkembang dan dapat melontarkan bisnis kecil menjadi perusahaan yang sukses dalam waktu singkat. Dengan digital marketing mempromosikan bisnis Agan melalui internet dan teknologi digital lainnya.
Posting Komentar